//

SOMETIMES


 Sometimes.

Belakang ini terlalu banyak hal yang dipikirkan. Entah tentang pikiran masa mendatang atau tentang seberapa lama menuju sebuah titik. Terlalu banyak yang direncanakan tanpa tau apakah ini sudah mencapai batasnya atau bahkan masih permulaan. Beberapa hal menjadi kisah kemudian sisanya menjadi sebuah halusinasi. Tidak mudah memang menjadi seorang dengan banyak pikiran yang terencana. Melelahkan. Bahkan sebelum memulainya sudah terlalu banyak hal – hal intuisi yang dipikirkan tanpa tau apakah itu baik atau malah sebaliknya. Jutaan kata telah tertulis dan rangkaian cerita sudah berjalan. Untuk beberapa kisah mungkin memang tidak semenarik biasanya bahkan terkadang ingin mengakhirinya meski tahu bahwa itu hal yang tidak mungkin karena setiap cerita akan terus berjalan sekalipun tidak ingin untuk di ketahui akhirnya. Sebuah puisi manis tentang perjalanan panjang menjadi saksi dan faktanya kebanyakan dari puisi terkadang menjadi cukup rumit untuk dipahami walau hanya sebaris asa.

Terkadang menjadi seorang pendengar juga cukup melelahkan. Bukan karena cerita yang terangkai tidak menarik, hanya saja terkadang ingin menjadi ekspresif layaknya rangkaian cerita yang kebanyakan dari mereka utarakan. Setiap kali raga bertanya apakah tidak apa – apa? Lalu pikiran lain menjawab tidak apa – apa. Melihat sekumpulan bunga putih disebuah lapangan besar yang penuh dengan burung kecil yang sedang memandikan air, rasanya cukup melegakan. Percikan air sering kali cukup menenangkan bahkan diantara kebisingan lainnya. Kemudian dedaunan yang bergerak setiap kali angin menyapa juga cukup menyenangkan, rasanya seperti semesta sedang menghibur walau tanpa rangkaian kata puitis seperti kebanyakan makhluk hidup lainnya.

Terkadang berjalan sendirian cukup menyesakan. Bukan karena terlalu lama berjalan seorang diri tetapi lebih kepada, ketika berjalan ada begitu banyak pikiran lain yang cukup membuat fantasi akan kebahagiaan menjadi sangat menyenangkan. Untuk itu memandangi langit dan menatap sepasang sepatu putih menjadi cukup menggembirakan disaat pikiran – pikiran lain menjadi rumit.

Terkadang tersenyum menjadi jalan terbaik dibandingkan merangkai sebuah cerita menarik. Kebanyakan dari cerita cenderung membosankan bagi sebagian orang lantas dengan alasan itu senyuman mungkin akan sedikit menjelaskannya. Tetapi berita buruknya, mungkin senyuman memang terlihat menenangkan tapi tidak dengan cahaya yang terpancar redup dari sepasang mata.

Sejujurnya terkadang ingin sekali menemukan sebuah alasan untuk tetap bertahan meskipun tanpa serangkaian cerita. Dan akan lebih beruntung lagi jika menemukan seseorang yang mengatakan is everything okay? Tapi sepertinya bagi semesta itu terlalu rumit dan menurutnya juga raga ini masih cukup kuat untuk menyimpan cerita itu, tak apa, lama – lama juga terbiasa.

Terkadang diam menjadi cukup baik diantara aktifitas lainnya. Diam untuk tidak merangkai cerita, lalu diam untuk kembali memikirkan hal yang cukup rumit bagi raga ini. Sedikit beristirahat mungkin akan membuat segalanya membaik. Dan mungkin akan lebih baik jika mendapati coklat manis dengan cara tidak terduga. Sama halnya mendapatkan ucapan “selamat pagi” setelah semalam suntuk berjuang dalam mementukan sebuah keputusan untuk keesokan harinya.

Hari ini ada banyak hal yang mungkin bisa meredakan sedikit rasa lelah, namun tidak dapat ditemukan. Hewan peliharaan idaman dan tanaman kecil yang mencarinya saja seperti mencari mutiara indah ditengah lautan luas. Setiap kali melihat pantulan di cermin, tersenyum, seperti memberi semangat pada raga ini. Mungkin akan lebih bersemangat jika saja sebatang coklat menyapa dipagi hari beserta ucapan selamat pagi. Akankah?

Seperti mahkota kecil yang terpasang manis diatas kepala pemiliknya terkadang seseorang ingin menjadi cukup manis dengan mahkota itu bukan karena ingin menjadi seorang puteri. Tersenyum manis dengan cahaya sepasang mata yang juga cukup manis pula jika ditatap untuk waktu yang lamapun cukup menenangkan.

No love letters, no X and O's
No love, never, my exes know
No diamond rings, that set in stone
To the left, better left alone
Didn't wanna be a princess, I'm priceless
A prince not even on my list

Lovesick Girl by Blackpink


3 Okt 2020
-FN


0 comments