//

Sidenote: Quid pro quo

 


“Pagi”


“Pagi, kok lemes sih mba? Padahal masih pagi, nanti kalo mba lemes kubikasi air disini nambah, terus kalo overbudget gimana? Nanti saya yang di tanya - tanya “pak kenapa kok bulan ini airnya”…”


senyum.


“Nah gitu dong mba senyum kan jadi ga overbudget”


“Emang keliatan pak kan pake telepon?”


_________


“Itu gimana cara nembaknya kok bisa ketarik semua reportnya?”


“I love youuu”


Ketawa. “Bukan itu maksudnya. Ini serius tau”


“Jawab dulu”


“Disini ya, jadi tembak tanggal disini. Gini bener? Atau salah? Atau disini?”


“Ah ga asik”


__________


“Mau tanya, kalo ini ada di lemari nomor berapa ya?”


“Itu disitu, yang kanan”


“Hmm.. ok”


15 menit


Kenapa ordnernya banyak banget. Mau nyerah aja boleh ga sih? Ga boleh ga boleh, semangat semangat pasti ketemu.


“Nomor berapa?”


“…”


“Itu disuruh nyari nomor berapa?”


“Oh.. 077. Gapapa, aku bisa sendiri kok”


Pergi.


USD… USD… Mana ga ada.


“Nih”


“Oh?”


“77 kan?”


__________


“Kamu ngapain?”


“Lagi belajar”


“Hah?”


“Iya lagi belajarin kabel - kabelnya”


Ketawa.


_________


“Jangan disitu fotokopinya, disana. Di GA”


“Oh ok ok, tapi caranya? 


“Pencet 88 aja”


“Oh ok”


Dimana pencet 88 nya? Ini, ok, udah. Ga nyala, mana, rusak kali ya. 


“Disini, terus pilih ini”


“Wah nyala. Keren. Makasih. Makasih”


“…”


“Kesini cuma mau bantuin aku doang?”


“Kata siapa gr bgt, ini. Nih mau anter ini ke GA”


“Oh ok ok”

_________


Nomornya banyak banget. Ini ada nomor IT BO, kenapa harus ke corporate.


“Gausah, gausah kamu hafalin juga nomornya”


Ketawa.


“Enggak, aku ga ngapalin”


“Itu serius banget bacanya, kirain lagi ngapalin extension satu group perusahaan”


Ketawa.


________


“Lagi ngerjain apa sih? Susah ya?”


“Oh.. ini penulisan ku buat bulan depan”


“Gua bulan depannya lagi. Nanti gua kaya lu dong ya pulang malem terus”


“Ga lah, gausah. Jangan sampe”


Ketawa.


“Lu pulang kearah sana ya?”


“Iya, kenapa?”


“Enggak, gua belum pernah kesana soalnya”


“Oh”


“Disana ada apa sih? Awas mobil (narik lengan). Oh sorry sorry”


Senyum.


________


Kenapa harus deketan gini sih parkirnya. Astaga. Ok tenang, pasti bisa. Gwenchana. Tenang. Kalo dibelokin pasti bisa. Ok. Dikit lagi.


“Oh ya maaf mas, maaf. Lewat duluan”


Lewat. 


Good! Stuck in here sampe besok.


“Sorry, mau gua bantu?”


“Ah.. iya, iya. Boleh. Makasih mas makasih”


Liatin muka masnya. Check sekeliling parkir area. Itu kan mas yang tadi lewat. Jadi,…


“Makasih ya mas, makasih banyak”


________


“Sini mba biar saya cuci”


“Ah gausah gausah, biar aku aja”


“Gapapa mba sekalian, udah tugas saya juga”


“Ah gausah mba”


Ambil spons.


“Saya aja mba, saya gaenak soalnya”


Bisik. “Gausah. Biar romantis, nyuci piring berdua” 


Normal mode. “Biar kaya di drakor”


Ketawa



Orang baik. Aku percaya dimanapun dan kapanpun akan selalu ada orang - orang seperti itu di sudut bahkan belahan dunia manapun. Jika mungkin ada begitu banyak orang yang menganggap hal - hal demikian adalah hal yang sederhana, sejak dulu aku selalu beranggapan jika satu kebaikan mungkin akan memulihkan satu kepahitan. Aku tidak pernah tahu bagaimana isi hati dan hal berat apa yang sedang dirasakan oleh orang - orang didunia ini. Karna aku tahu rasanya pahit maka aku tidak akan pernah ingin seorangpun merasakan pahit jika tahu hal itu buruk. Jika aku diperlakukan baik hari ini, maka aku  harus berbuat baik dikemudian hari terharap siapapun yang kutemui. Ada salah satu kalimat yang cukup menganggumkan dari salah seorang pengusaha yang paling keren menurutku didunia ini.


Satu kebaikan mungkin saja bisa menjadi satu alasan untuk semua jawaban yang saat ini sedang ia tanyakan pada dirinya sendiri ataupun semesta. Jadilah satu alasan bagi seseorang untuk ia tetap hidup, menjadi hidup dan menikmati hidup dengan baik. 


Menjadi dramatik jika hanya terus menerus mencari alasan untuk tidak mendekat dan bahkan mengutuki pada tempat dimana semua orang dapat melihat hanya dari satu sudut pandang namun dilakukan tidak pada tempat yang penuh khalayak ramai. 


Menciptakan senyum jauh lebih indah dibandingkan dengan mengharapkan senyum. Melakukan kebaikan jauh lebih menganggumkan dibandingkan mengharapkan kebaikan. Dan dunia ini cukup membingungkan jika setiap kali melakukan sesuatu dibarengi dengan pertanyaan mengapa serta pernyataan tidak adil. 



19 June 2021



- FKN



0 comments